Sabtu, 23 Februari 2013

Kue Cup Cake : Indah Di Mata Lezat Di Lidah

Trend kue cup cake yang menjalar hingga ke kota-kota kecil di Indonesia tidak terlepas dari rasa kue cup cake yang menggugah selera, selain itu penampilan cup cake yang cantik dipenuhi hiasan yang memanjakan mata.

 

 “Perjalanan” panjang kue cup cake.


Berawal di Amerika Serikat di abad 19, suatu cake di sebut cup cake jika bahan baku yang digunakan di ukur menurut volume gelas (cup) berukuran standar. Sedangkan masa kini cake di katakan cup cake jika cake tersebut seukuran cangkir kecil.  

Dimasa lalu pembuat cake belum menggunakan loyang muffin, jadi cake sering di panggang menggunakan cup atau cangkir yang terbuat dari keramik sebagai cetakannya. Namun dimasa sekarang, seiring mulai populernya Loyang muffin para pembuat cake mulai beralih menggunakan loyang tersebut dalam memanggang cup cake. Selain itu cup cake jauh variatif dari bahan, bantuk juga dekorasinya. Bukan hanya laris dipasaran, resep cup cake juga diburu para penggemar cake di Amerika Serikat. Bahkan karena semakin populernya cup cake setiap tanggal 15 desember warga amerika merayakan hari cup cake nasional.  

Di dalam negeri sendiri, kue cup cake mulai popular setelah tahun 2010-an. kue cup cake sering disuguhkan dalam perayaan hari raya pesta perkawinan, pesta ulang tahun dan lain-lain. Kue cup cake sering disusun secara bertingkat dengan cantiknya. Selain itu juga, karena kue cup cake mudah di hias, kue cup cake sering juga di jadikan oleh-oleh atau souvenir pesta. Kue cup cake juga membuka peluang usaha untuk di jual langsung maupun melalui toko kue online.

Dalam membuat kue cup cake dituntut untuk memilih bahan dasar kue agar kuat menopang dekorasi diatasnya tanpa mengurangi kelezatan cita rasanya. Untuk dekorasinya dapat menyesuaikan tema acara. Dengan cara yang kreatif kue cup cake dapat terlihat menawan dengan dihias menggunakan buttercream, fondant (marzipan).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar